On my first internship experience in semester 6, I joined Kampus Merdeka Internship program and I
was accepted at the largest telecommunications company in Indonesia,
Telkomsel. Telkomsel is a cellular service provider operator company that established
from 1995 with its first postpaid card service called Kartu Halo. From there, comes
various types of services and new innovations that make Telkomsel as the operator with most active
users in Indonesia. With that said, the number of active users on the Telkomsel.com website reaches
around 8 million users each month.
Various innovations that Telkomsel has offered are proven to promote the
technology in Indonesia. Now, the latest innovation that being developed is a e-commerce
website that can make easier for Telkomsel users to buy products and services
directly through the website without the need to install MyTelkomsel application.
Tentang Telkomsel
Pada kesempatan magang pertama saya di semester 6 ini, saya mendaftarkan kegiatan magang saya
melalui program Kampus Merdeka dan saya diterima di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia
yaitu Telkomsel. Telkomsel adalah sebuah perusahaan operator penyedia layanan seluler yang
berdiri dari tahun 1995 dengan layanan kartu pascabayar pertamanya bernama Kartu Halo. Dari situ,
muncul berbagai jenis layanan dan inovasi-inovasi baru yang membuat Telkomsel menjadi operator
dengan
pengguna aktif terbanyak di Indonesia. Dengan begitu, jumlah pengguna aktif pada website
Telkomsel.com mencapai sekitar 8 juta pengguna tiap bulannya.
Dalam hal inovasi, berbagai inovasi yang telah Telkomsel hadirkan terbukti untuk memajukan teknologi
dan masyarakat Indonesia. Dan pada saat ini, inovasi terbaru yang sedang dikembangkan adalah sebuah
website
e-commerce yang dapat memudahkan para pengguna Telkomsel untuk membeli produk serta
layanan yang ada langsung melalui website tanpa perlu menginstall aplikasi MyTelkomsel.
My Role
In its e-commerce development, Telkomsel opens opportunities for people who have same interests and
talents in technology to take part in making new innovations. Seeing the opportunity, I
interested and get an internship position as a Web E-Commerce Creative Solution that has a
role and tasks to solve problems that found on Telkomsel.com website with the aim to
maximize user experience in the process of purchasing Telkomsel products from start to finish by
doing observation, research and testing.
The Task
For 5 months from February to July 2022, my team and I have been working on several projects and task in
which I used several applications such as Figma to write notes and also design UI/UX solutions for the
problems found. My work process uses the Design Thinking framework which makes it easy for me to
understand a process from problem finding, solution finding, solution creation to
testing the solution.
To see the problems and solutions I've worked on, some that I can show can be seen below.
Peran Saya
Dalam pengembangannya, Telkomsel membuka peluang untuk orang-orang yang memiliki minat dan bakat
dalam hal teknologi untuk ikut andil membuat inovasi-inovasi baru. Melihat kesempatan tersebut, saya
tertarik dan pendapatkan posisi magang sebagai Web E-Commerce Creative Solution yang memiliki
peran dan tugas untuk memecahkan permasalahan yang ada pada website Telkomsel.com dengan tujuan
memaksimalkan pengalaman para pengguna dalam proses pembelian produk Telkomsel dari awal hingga
akhir dengan melakukan observasi, riset dan juga testing.
Bentuk Pekerjaan
Selama 5 bulan dari Februari sampai Juli 2022, saya dan tim telah mengerjakan beberapa projek dan juga
tugas yang di dalam pengerjaannya saya menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti Figma untuk
menulis catatan dan juga membuat desain UI/UX untuk solusi permasalahan yang ditemukan. Proses bekerja
saya menggunakan framework Design Thinking yang memudahkan saya untuk memahami sebuah proses dari
pencarian
masalah, penemuan masalah, pencarian solusi, pembuatan solusi hingga menguji solusi tersebut.
Untuk melihat permasalahan dan solusi yang pernah saya kerjakan, beberapa yang saya dapat tampilkan
dapat dilihat di bawah ini.
Project
Showcase
#1 Quick Button Menu Revamp
Landing page or the first page of a website is a crucial page that needs to be made in such a way as to
explain what's the website for and what users can do on it. At first, Telkomsel.com website was created
for source of information that users can access when they want to easily find information about
Telkomsel products and find for help service.
With the new Shops page and feature, which enabling users to make transactions directly from
website, there is no information or buttons that direct users to the Shops
page directly on Telkomsel.com homepage.
#1 Mengubah Menu Quick Button
Landing page atau halaman utama dari sebuah website adalah sebuah halaman krusial yang perlu dibuat
sedemikian rupa untuk dapat menjelaskan tentang apa kegunaan website tersebut dan juga apa saja yang
bisa pengguna lakukan di dalamnya. Website Telkomsel.com pertama dibuat dengan tujuan sebagai sumber
informasi lengkap yang dapat para pengguna akses ketika ingin mencari informasi mengenai produk-produk
Telkomsel dengan mudah serta mencari layanan bantuan.
Dengan adanya halaman dan fitur baru yaitu Shops yang dapat membuat pengguna melakukan transaksi secara
langsung melalui website, pada halaman homepage Telkomsel.com tidak ada informasi atau juga tombol
yang mengarahkan pengguna ke halaman Shops tersebut secara langsung.
Defining Problem
As an informative website, the menu displayed on the homepage is created to be quick-answers-button for
questions that are most often asked by users when visiting the Telkomsel.com website. So
that the menu provides buttons that make it easier for users to get answers by redirecting to a page
that explains the information needed.
Mendefinisikan Masalah
Sebagai web informatif, menu utama yang ditampilkan pada halaman beranda adalah pilihan berbagai bantuan
berdasarkan banyaknya pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pengguna ketika mengunjungi website
Telkomsel.com sehingga menu tersebut memberikan tombol yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan
jawaban dari pertanyaan tersebut dengan mengarahkan ke halaman yang menjelaskan informasi yang
dibutuhkan.
Now, some of the uses of these old menus are no longer relevant for a number of reasons.
Isi ulang pulsa / Top-up Credit
There is already a new feature (Shops) on the website that can directly make purchases for
topping up credit so that showing information only page will wastes the opportunity to
users make purchases directly through the Telkomsel.com website.
Daftar Telkomsel Halo / Register to Telkomsel Halo
The destination page can be redirected to a page that has a button for “Register”.
Lucky Draw
There are promos or other events with more frequent periods and many users interested by
registering.
Cari Bantuan / Find Help
Becomes redundant because there is already the same menu button on the Navigation Bar above the
website page.
Sekarang, beberapa kegunaan dari menu yang lama sudah tidak lagi relevan karena beberapa alasan.
Isi ulang pulsa
Sudah ada halaman fitur baru pada website yang dapat langsung melakukan pembelian untuk
pengisian pulsa sehingga menyajikan informasi saja membuang peluang untuk memudahkan dan membuat
pengguna
melakukan pembelian secara langsung melalui website Telkomsel.com.
Daftar Telkomsel Halo
Halaman yang dituju dapat diarahkan ke halaman yang langsung memiliki tombol untuk “Daftar”.
Lucky Draw
Terdapat promo atau event lainnya yang periodenya lebih sering dan banyak pengguna yang
mengikutinya.
Cari Bantuan
Menjadi redundant karena sudah ada tombol menu yang sama pada Navigation Bar di atas halaman
website.
Usability Testing
To validate the hypothesis and get more supporting data regarding the problems found, me and the UI/UX
team conducted a Usability Testing test involving 6 participants for 3 days.
One of the tasks given to participants is to find and purchase packages through the Telkomsel.com
website.
From the tests:
Only 3 out of 6 participants managed to find the package option and enter the page to make
payment.
Some participants pressed the "Top Credit" menu button and were confused by the information page
that directed them to the MyTelkomsel application.
The average time spent by successful participants is 2 minutes 48 seconds.
It was found that many of the participants felt confused about finding the top up options and how to
purchase the package on the Telkomsel.com website. Some participants also just found out that they can
purchase credits/packages through the website without MyTelkomsel application.
Usability Testing
Untuk memvalidasi hipotesis dan mendapatkan data pendukung yang lebih mengenai masalah yang ditemukan,
saya bersama tim UI/UX melakukan tes Usability Testing yang melibatkan 6 peserta selama 3 hari.
Salah satu tugas yang diberikan kepada peserta adalah untuk mencari dan melalukan pembelian paket
melalui website Telkomsel.com.
Dari tes tersebut:
Hanya 3 dari 6 peserta yang berhasil menemukan pilihan paket dan masuk ke halaman untuk
melakukan pembayaran
Beberapa peserta menekan tombol menu “Isi Pulsa” lalu bingung dengan halaman informasi yang
mengarahkannya ke aplikasi MyTelkomsel
Waktu rata-rata yang digunakan oleh peserta yang berhasil adalah 2 menit 48 detik
Didapatkan banyak dari peserta merasakan bingung untuk menemukan pilihan paket dan bagaimana cara
melakukan pembelian paket tersebut di website Telkomsel.com. Beberapa peserta juga baru mengetahui jika
mereka dapat melakukan pembelian paket melalui website tanpa perlu aplikasi MyTelkomsel.
Ideate & Prototype
From the hypothesis and the results of Usability Testing, I designed several solutions to solve the
problem.
How Might We (HMW)
How might we make the existing menu more useful?
How might we make the needs of website users be met quickly?
How might we inform users if they can make transactions directly from the website?
In its design, there are several limitations and challenges, such as due to internship period, we cannot
create solutions that require new development or require time-consuming processes. Another challenge is
that we can't change too many parts on the main page that are related to selling products directly
because the function of the website is still informative for now.
Ide & Prototipe
Dari hipotesis dan hasil Usability Testing, saya merancang beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah
tersebut.
How Might We (HMW)
Bagaimana jika kita membuat menu yang ada lebih berguna?
Bagaimana jika kita dapat memenuhi kebutuhan pengguna pada website lebih cepat?
Bagaimana jika kita menginformasikan pengguna jika dapat bertransaksi langsung melalui website?
Dalam perancangannya, terdapat beberapa batasan dan tantangan yang dimiliki yaitu seperti karena
masalah waktu, kami tidak bisa membuat solusi yang membutuhkan pengembangan yang baru atau
membutuhkan proses
yang memakan waktu. Tantangan lainnya adalah kami tidak bisa mengubah terlalu banyak bagian pada
halaman utama yang terkait menjual produk secara langsung karena fungsi website yang masih bertujuan
informatif untuk saat ini.
Testing
I present the problem and create change request document then the solution is implement directly to
Telkomsel.com website by doing A/B Testing for 50/50% traffic at first to see if users who come to the
website click and
use the button as a way to find and purchase credit or packages through the website.
Pengujian
Setelah mempresentasikan dan membuat dokumen change request, solusi tersebut diimplementasikan langsung
ke website Telkomsel.com dengan melakukan A/B Testing dengan alokasi 50/50% traffic akses pada awalnya
untuk melihat apakah pengguna yang
datang ke website menekan dan menggunakan tombol tersebut sebagai cara mencari dan pembelian produk
pulsa atau paket melalui website.
Results
The test was running for 22 days and in less than a week the “Top-up Credit” and “Buy Package”
buttons have contributed to hundreds of successful transactions from user purchases through the
/shops
page. With test results that are good and as expected, now the new menu has become a fixed
menu on the
Telkomsel.com page and becomes the entry point for the /shops page that makes it easy and
allows users to buy Telkomsel digital products without an application and only through the website.
That way, this menu promises more revenue from product sales and adds new features to the
Telkomsel.com website.
Hasil Akhir
A/B Testing dilakukan selama 22 hari dan pada kurun waktu kurang dari seminggu tombol “Isi ulang
pulsa” dan “Beli Paket” telah berkontribusi sekian ratus transaksi yang berhasil dari pembelian
pengguna
melalui halaman /shops.
Dengan hasil tes yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan, kini menu baru tersebut menjadi menu
tetap pada halaman Telkomsel.com menjadi menu
tetap pada halaman Telkomsel.com dan menjadi entry point untuk halaman /shops yang memudahkan dan
membuat pengguna dapat membeli produk digital Telkomsel tanpa aplikasi dan hanya melalui website.
Dengan begitu, menu ini menjanjikan keuntungan yang lebih dari penjualan produk dan menambah fitur baru
pada website Telkomsel.com.
Key Takeaways
From the biggest project I worked on during this internship, I learned how the process of developing a
feature on a website with millions of users per month is designed through structured steps making the
design of the solution of a problem that is found to be more precise and in accordance with what is
needed by users for the convenience of accessing the various services they have.
Pelajaran yang Didapatkan
Dari projek yang paling besar saya kerjakan selama magang ini, saya belajar bagaimana proses dari sebuah
pengembangan fitur pada website dengan jutaan pengguna per bulannya dirancang melalui tahapan-tahapan
yang terstruktur membuat perancangaan solusi dari sebuah masalah yang ditemukan menjadi lebih tepat dan
sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna demi kemudahan dalam mengakses berbagai layanan yang
dimiliki.
Final
Design
Telkomsel.com
Chekout the menu Live on the website